JAKARTA – Air putih merupakan salah satu minuman yang wajib dikonsumsi sehari-hari. Bahkan, dengan minum delapan gelas air putih per hari dapat menurunkan risiko seseorang alami gagal jantung 25 tahun kemudian. Ini merupakan hasil studi terbaru yang dipresentasikan pada 24 Agustus di European Society of Cardiology Congress 2021. “Menjaga hidrasi tubuh dengan baik dapat memperlambat atau bahkan mencegah perubahan di dalam jantung yang menyebabkan gagal jantung,” kata penulis studi Natalia Dmitrieva, seorang peneliti di National Heart, Lung, and Blood Institute, bagian dari National Institutes of Health (NIH) di Bethesda, Maryland, dikutip dari Everyday Health.

Temuan ini, lanjut Natalia, menunjukkan setiap individu perlu memerhatikan jumlah cairan yang dikonsumsi setiap hari dan memahami risiko jika ternyata minum air putih terlalu sedikit setiap hari. Jadi, berapa banyak air putih yang diperlukan untuk mencapai manfaat sesuai dengan studi ini?

Jumlah yang direkomendasikan untuk pria adalah 15,5 gelas (3,7 liter) dan untuk perempuan 11,5 gelas (2,7 liter) per hari, menurut National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine. “Itu semua termasuk minuman apa pun, tidak hanya air putih, bahkan makanan yang mengandung cairan,” tulis laporan tersebut

Untuk mengukur apakah tubuh Anda cukup terhidrasi atau tidak, peneliti menggunakan pengukuran kadar natrium dalam tubuh. Jadi, jika semakin kecil kadar natrium, maka tubuh cukup terhidrasi, dan jika kadar natrium dalam tubuh tinggi artinya Anda butuh banyak air. “Tes ini merupakan bagian dari pemeriksaan darah rutin tahunan,” kata Maria Mountis, ahli jantung dan spesialis gagal jantung di Klinik Cleveland di Ohio, yang tidak terlibat dalam studi.

“Kami menggunakan ini bersamaan dengan penanda laboratorium lain yang melihat fungsi ginjal untuk menilai status hidrasi seseorang,” katanya.

 

 

 

Sumber Link : https://www.inews.id/travel/kuliner/rutin-minum-air-putih-setiap-hari-bisa-cegah-gagal-jantung-sudah-tahu